Yayasan Regina Pacis FMM Jambi - Fransiskan Misionaris Maria

Bagaimana cara mengajarkan sikap rendah hati kepada anak?

Rabu, 08 September 2021 | 00:00:00 WIB | Dibaca: 213 Kali



Bagaimana cara mengajarkan sikap rendah hati

kepada anak?

 

Kerendahan hati artinya ialah suatu sikap menyadari keterbatasan kemampuan diri, dan ketidakmampuan diri sendiri, sehingga dengannya seseorang tidaklah mengangkuh, dan tidak pula menyombong. KBBI menjelaskan definisi untuk "rendah hati", yakni "tidak sombong atau tidak angkuh".

Rendah hati ditandai dengan sikap sopan, lemah lembut, dan sederhana. Tidak sama dengan rendah diri, sifat rendah hati tetap membuat anak percaya diri. Namun, kepercayaan dirinya tidak ditunjukkan dengan cara yang sombong. Lalu, bagaimana mengajarkan anak agar bisa rendah hati? Mari, kita simak tips berikut ini agar anak rendah hati J

  1. Menjadi panutan yang baik di lingkungan keluarga

Perlu Anda ketahui bahwa perilaku anak merupakan cerminan dari perilaku orang tuanya. Oleh karena itu, sangatlah penting mengajarkan hal – hal yang baik kepada anak. Mengajarkan sikap rendah hati perlu dimulai dari diri Anda sendiri sebagai orang tua.

Melansir situs The Gospel Coalition Australia, menjadi teladan merupakan cara efektif untuk mengajarkan rendah hati pada anak. Sifat rendah hati bisa diterapkan sebagai prinsip hidup Anda dan keluarga sehari-hari. Dengan memulai dari lingkungan keluarga dulu, anak akan terbiasa mengikuti sifat tersebut.

 

 

 

 

 

  1. Mengajarkan anak untuk berbagi

      Melansir situs Aleteia, mengajarkan anak rendah hati juga dapat dilakukan dengan cara saling berbagi. Kenalkan pada anak perilaku saling berbagi dan peduli terhadap sesama dengan cara berbagi barang – barang yang dimilikinya. Sebagai contoh, ajak anak membagikan barang yang sudah tidak terpakai dan masih layak pakai kepada orang yang membutuhkan. Anda juga bisa bersama – sama memberikan donasi kepada anak – anak yang kurang mampu atau berbagi hadiah kepada teman sekelas.

 

 

 

 

  1. Mengajarkan sopan santun

Sopan santun merupakan salah satu sikap rendah hati. Ajarkan anak untuk mengucapkan “terima kasih” jika diberi sesuatu dan mengucapkan “tolong” saat meminta sesuatu. Agar anak terbiasa, terapkanlah lebih dulu oleh orangtua, misalnya dengan mengucapkan “terima kasih” ketika anak melakukan hal baik.

 

 4. Mengajarkan anak minta maaf

Ketika anak melakukan kesalahan, maka sudah sepatutnya ia meminta maaf. Permintaan maaf yang tulus dan benar-benar mengakui kesalahannya merupakan kunci kerendahan hati seseorang. Terkadang saat berbuat salah, anak takut untuk meminta maaf atau malah tidak mengakui kesalahannya. Padahal, keberanian untuk mengakui kesalahan merupakan salah satu cara mengajarkan anak agar rendah hati. Agar anak tidak takut mengakui kesalahannya, sebisa mungkin hindari memarahi anak saat ia berbuat salah. Tanyakan padanya kenapa ia melakukannya, berikan penjelasan dengan lembut, lalu dorong si kecil untuk meminta maaf

  

 

 

Sekian beberapa tips untuk mengajarkan anak supaya memiliki sifat rendah hati. Selamat mencoba ?

 

 

Editor: Anastasia Mira Erlinawati, S.Psi

Komentar Facebook