Yayasan Regina Pacis FMM Jambi - Fransiskan Misionaris Maria

Kerendahan Hati - Ciri Orang Rendah Hati

Selasa, 04 Januari 2022 | 00:00:00 WIB | Dibaca: 3792 Kali



Kerendahan hati adalah cerminan dari sikap dewasa, orang yang memiliki sikap rendah hati tidaklah merasa sombong dan angkuh dengan kelebihan yang dimilikinya, justru ia cukup cerdas untuk menutupi kelebihannya dan mengakui kekurangannya.Orang dengan sikap yang rendah hati biasanya pandai memposisikan dirinya dan akan lebih menghargai orang lain, ia tau bahwa manusia tidak ada yang sempurna, namun, rendah hati juga tercermin dari sikap atau pembawaannya yang percaya diri.

Ciri – Ciri orang yang rendah hati

1. Pendengar yang baik

Salah satu cerminan orang yang memliki kerendahan hati adalah mau menjadi pendengar.

Sikap mau mendengarkan orang lain merupakan sikap rendah hati yang dimiliki oleh seseorang.

Orang yang rendah hati akan mudah merasa empati kepada sesamanya, dan berusaha untuk bisa diandalkan oleh orang – orang di sekelilingnya.

2. Mengetahui kapasitas diri

Mengetahui kapasitas dan kemampuan yang ada dalam diri sendiri merupakan cerminan dari sikap rendah hati yang dimiliki seseorang, seseorang akan menyadari kekurangan yang dimiliknya dan berusaha untuk memperbaiki kekurangan dirinya.

3. Mau Menerima Kritik dan Saran

Seseorang yang memiliki sikap kerendahan hati akan lebih memiliki keikhlasan hati dan lebih bisa menerima kritik dan saran dari orang lain, karna ia tahu bahwa kritikan akan membentuk dirinya menjadi pribadi yang lebih baik

4. Tidak terlalu banyak berbicara tentang dirinya

Apabila seseorang yang terlalu banyak berbicara mengenai dirinya terkadang bisa membuat orang lain juga merasa tidak nyaman, bisa jadi karna terlalu banyak berbicara tentang diri sendiri malah terkesan “riya” atau pamer, terlalu membangga – banggakan diri sendiri.

Rasa percaya diri itu perlu, namun, langit tidak akan berbicara bahwa dirinya itu tinggi bukan? jadi mulailah kurangi kebiasaan yang satu ini, karena bisa jadi orang lain malah menjadi bosan mendengarnya.

Karena sikap dari kerendahan hati adalah sikap yang tidak terlalu menonjolkan kelebihan yang ia mililki.

5. Mau Membantu dan Menyenangkan Orang Lain

Orang yang senang membahagiakan orang lain merupakan sifat dari kerendahan hati yang dimiliki seseorang.

Ketika seseorang berupaya untuk melihat orang lain tersenyum, tertawa, atau membantu teman dan juga saudaranya, maka akan timbul kepuasaan dan kebahagiaan dalam hatinya.

6. Berani Minta Maaf dan Memaafkan

Berani minta maaf ketika kita melakukan kesalahan merupakan sebuah ciri dari sikap rendah hati.

Karena dengan meminta maaf dan memaafkan kita menyadari kesalahan dan kelemahan yang kita punya.

Sedangkan orang yang tidak bisa memaafkan kesalahan orang lain merupakan ciri dari sifat sombong dan pendendam.

7. Tidak Berhenti dan Belajar dan Dibimbing

Orang yang memiliki sikap rendah hati tentunya akan lebih mudah dibimbing karena ia merasa bahwa ia memerlukan bantuan orang lain untuk membimbingnya.

Dan kemauan keras untuk tidak pernah berhenti belajar juga merupakan ciri dari sikap rendah hati yang dimiliki seseorang.

8. Mau Menerima Kekurangan dan Kelebihan Orang Lain

Orang yang memiliki sikap kerendahan hati akan dengan mudah menerima kelebihan dan kekurangan orang lain.

Pada dasarnya tidak semua orang bisa menerima kekurangan orang, namun cerminan sikap rendah hati adalah mampu menerima kekurangan yang dimiliki oleh orang lain.

9. Berdoa Kepada Tuhan

Orang yang tidak luput melibatkan Tuhan dalam setiap langkah dan perjuangannya juga merupakan ciri dari sikap kerendahan hati yang dimiliki oleh seseorang.

sumber:

https://terakurat.com/ciri-sikap-rendah-hati-sesorang/

Komentar Facebook