Yayasan Regina Pacis FMM Jambi - Fransiskan Misionaris Maria

MASIH PENTING DAN RELEVANKAH PENDIDIKAN USIA DINI?

Rabu, 16 Juni 2021 | 00:00:00 WIB | Dibaca: 267 Kali


Sehari Bermain di Luar

Badai covid-19 yang tidak tahu kapan akan berakhir, telah banyak memporakan tatatan hidup jagat raya. Berbagai bidang kehidupan kocar-kacir karenanya termasuk bidang pendidikan khusunya pendidikan usia dini. Banyak orang tua ragu untuk memasukan anak mereka ke Paud atau Taman Kanak-kanak. Dengan berbagai alasan yang sangat masuk akal. Banyak orang tua berpandangan bahwa pendidikan usia Dini khusunya Paud (TK) bukanlah hal yang wajib dan penting.

Kebanyakan orang tua yang saya jumpai berpendapat, belajar online selama masa pandemic ini tidak efetif dan kurang relevan bagi anak-anak usia paud/TK. Beberapa alasan yang mereka kemukakan adalah kurang mempunyai waktu untuk mendampingi anak belajar karena sibuk bekerja, peranan orang tua lebih dominan daripada guru, kewajiban guru beralih ke orang tua, jaringan internet yang kurang memadai, dan sebagainya.

Namun, apakah alasan-alasan yang demikian sesuai dengan harapan dan kebutuhan anak? Menurut saya pendidikan usia dini adalah wajib dan sangat penting. Inilah masa bagi anak-anak untuk membiasakan diri belajar nilai-nilai yang dapat membantunya memiliki sikap dan karaktek yang baik dan benar. Seperti yang dikatakan oleh Bp. Jumeri (Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbud) "Jenjang PAUD ini adalah masa periode emas untuk memberikan penanaman karakter, pengembangan kepribadian, pengembangan fisik, kepada anak-anak. Itu periode emas yang tidak akan kembali lagi kalau itu lepas atau hilang, tidak akan kembali," (Fahdi Fahlevi . https://www.tribunnews.com/nasional/2020/08/30/). Oleh karena itu peranan orang tua adalah sangat penting.

Peranan orang tua adalah yang pertama dan utama, dalam mendidik anak untuk bertumbuh dan berkembang menjadi anak yang berkepribadian yang baik. Dengan adanya Covid-19 ini, merupakan waktu yang terbaik dan tepat bagi orang tua untuk benar-benar menyadari dan mempraktekkan perannya dalam mendidik anak-anak mereka. Ini adalah waktu yang sangat baik untuk memiliki waktu yang intens dengan anak, dan mengenal anak lebih dalam. Dengan mendampingi anak belajar, para orang tua akan menemukan potensi, karakter dan kepribadian anak. Dengan demikian orang tua akan dengan mudah menemukan cara yang tepat untuk mengarahkan dan mendampingi anak mereka agar bertumbiuh dan berkembang kearah yang tepat.

Guru hanyalah sebagai motivator atau peran pendukung. Orang tua perlu bekerja sama dan berkomunikasi secara baik dengan para guru agar memastikan aktivitas belajar mengajar tetap berjalan dengan baik sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Dengan kerjasama dan komunikasi yang baik, maka proses belajar mengajar akan berjalan lancar.

Meskipun para guru tidak kontak langsung dengan anak-anak, mereka tetap melaksanakan perannya secara tanggungjawab. Dengan adanya pandemic ini pekerjaan guru semakin rumit dan membutuhkan kretivitas yang lebih dari biasanya. Mereka berusaha sekreatif mungkin dalam membuat video pembelajaran dan aktivitas yang mereka bagikan ke siswa. Ini membutuhkan keterampilan dan skill dalam membuat dan mengedit video serta menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dan menarik. Dengan video pembelajaran dan mengajar online secara live streaming atau melaui Zoom meeting, guru membantu proses belajar mengajar yang sistematis dan terarah. Karena tanpa guru, dan hanya mengaharapkan orang tua, kemungkinan besar proses belajar mengajar tidak akan teratur. Dengan berbagai kesibukan orang tua akan cendrung lupa dan materi-materinya pun tidak se sistematis dengan bantuan guru professional.

Dengan mengikut sertakan anak-anak untuk belajar formal di sekolah meski secara online, anak-anak juga bisa belajar bersosialisasi dengan teman sebaya mereka. Ini juga merupakan satu faedah dengan belajr online, mereka terlatih sejak dini untuk berkomunikasi secara virtual dengan orang lain. Mereka bisa belajar dari teman lain cara berexpresi, berbicara dan bersikap. Sebaliknya jika hanya belajar sendiri tanpa teman, anak –anak akan sangat kurang dalam bersosialisasi dan akan bertumbuh menjadi pribadi yang kurang bergaul.

Dengan terbiasa berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain dan teman sebaya, kelak anak-anak akan mampu menjadi pribadi yang tidak hanya berkembang secara intelektual tapi juga secara sosial, dan spiritual.

Oleh karena itu, Pendidikan usia dini adalah sangat penting dan menentukan arah atau perjalanan hidup selanjutnya bagi anak-anak. Penanaman nilai sejak dini adalah waktu yang tepat untuk membantu anak bertumbuh dan berkembang menjadi pribadi yang berkaraktek positif, cerdas secara emosional, intelektual dan spiritual. Maka tidak perlu takut dan ragu untuk memberi kesempatan bagi anak-anak kita untuk mengenyam pendidikan di paud/Taman Kana-kanak.

 

Terimakasih, Tuhan memberkati!!

Sr. Yuliana, FMM

Komentar Facebook